Tuesday, April 7, 2015

Raimuna Daerah Jawa Timur 2013

Raimuna Daerah Jawa Timur sebagai event 5 tahun sekali hadir kembali di tengah-tengah Penegak dan Pandega Jawa Timur dan merupakan sebuah kesempatan besar bagi anggota pramuka di seluruh provinsi Jawa Timur. Kegiatan Raimuna dilaksanakan pada tanggal 15-21 Desember 2013 bertempat di Desa Pramuka Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Secara geografis Lebakharjo terletak di Malang Selatan perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang. Desa yang dulu pernah digunakan kegiatan PW Asia Pasifik dan Comdeca kini telah menjadi desa yang berkembang. Raimuna Daerah Jawa Timur kali ini diikuti oleh 1216 orang Pramuka Penegak Pandega yang berasal dari 38 Kwartir Cabang se-Jawa Timur. Para peserta adalah hasil seleksi tingkat kwarcab.


MA NU Mazro’atul Ulum merupakan salah satu madrasah yang berperan aktif dalam agenda kegiatan kepramukaan.  MA NU Mazro’atul Ulum mendapat undangan dari Kwarcab Lamongan untuk mengajukan 2 orang (1 putra dan 1 putri) yang di seleksi bersama-sama dengan sekolah lain. Tetapi, MA NU Mazro’atul Ulum hanya mengirimkan 1 orang putri saja. Peserta seleksi dari MA NU di tingkat Kwartir Cabang Lamongan berhasil lolos, yaitu (Zulfah Lis Syafawati) untuk berpartisipasi ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

Pada kesempatan kali ini, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lamongan mengirim delegasi peserta sebanyak 4 sangga yang terdiri dari 2 sangga putra dan 2 sangga putri. Adapun yang mendapat amanat sebagai pinkoncab pada kegiatan ini adalah Kak Anang dan Kak Elva. Untuk kegiatan Raimuna Daerah Jawa Timur selama 7 hari tersebut antara lain adalah kegiatan petualangan, budaya, saka, Global Development Village, Gathering Activity, workshop, dan kegiatan bakti masyarakat.


Dari kegiatan Raimuna Daerah Jawa Timur pramuka penegak dan pandega di kumpulkan bukan hanya untuk berpesta dan bersenang-senang, namun pramuka penegak dan pandega diajarkan begitu banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang dapat diamalkan dan dibagikan kepada masyarakat, dan pramuka penegak dan pandega juga dapat berkarya dengan nyata sesuai dengan kemampuan masing-masing. Seperti tema dalam ajang Raimuna Daerah Jawa Timur 2013 yaitu “ Berkarya dengan Nyata, Beraksi Dengan Kreasi”.


0 komentar:

Post a Comment