Wednesday, April 15, 2015

Penerimaan Tamu Ambalan 2015



Penerimaan tamu ambalan bisa kita sebut juga dengan PTA, yakni suatu kegiatan ambalan yang dilakukan oleh semua calon anggota ambalan sebelum masuk menjadi anggota ambalan yang sah. Belum sah seorang anggota ambalan jika belum mengikuti PTA. PTA juga bisa disebut MOP Pramuka, sebab dalam kegitan ini ditunjukkan beberapa adat ambalan dan sejarah ambalan itu sendiri. Para calon anggota ambalan digembleng dalam kegiatan ini supaya para calon anggota bisa mempunyai karakter pramuka yang kuat serta menguji kesetiaan para calon anggota dalam ambalan dimasa yang akan datang.


Tujuan diadakannya PTA  juga untuk Menarik minat siswa dalam ekstrakurikuler Pramuka, Memberikan penjelasan tentang struktur Ambalan MA NU Mazro’atul Ulum, Memperdalam wawasan siswa tentang kePramukaan, Menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma dan Tri Satya. Tidak hanya itu saja, dalam kegiatan ini juga untuk melatih kekompakan antara calon anggota ambalan. Layaknya penjelajahan kegiatan PTA juga ada beberapa pos, tidak seperti kegiatan kenaikan tingkat BANTARA atau LAKSANA, PTA lebih memliki pos yang simple dan cocok untuk para pemula calon anggota pramuka, antara lain pos keterampilan dan teka-teki, pos penyamaran, pos Dasa Dharma dan Tri Satya, Pos Pancasila, Pos sejarah, adapun yang lain lebih keren disebut Mental Training dan Pencarian tiket ambalan. Semua itu dilalui dalam waktu sehari.
 

            Pos pertama yaitu pos keterampilan dan  teka-teki, di pos ini para calon anggota ambalan dituntut untuk membuat suatu hasta karya yang berbahan dari koran, adapun disuruh untuk membuat suatu sorak yel – yel yang mempunyai ciri khas yang menunjukkan karakter anta kelompok satu dengan yang lain.




            Di pos selanjutnya para calon anggota di haruskan melakukan penyamaran sampai pada pos berikutnya. Banyak para calon anggota yang menolaknya akan tetapi akhirnya mereka mau melakukannya atas paksaan dan ancaman yang diberikan senior, ini dilakukan karna agar para calom ambalan belajar untuk menjadi anak pemberani dan tidak menjadi anak yang pemalu.

            Pos berikutnya yakni pos dasa dharma dan tri satya, di pos ini para calon anggota ambalan diharuskan menghafalkan dasa dharma dan tri satya dan juga mengerti kandungan – kandungan yang ada didalamnya. Kegiatan ini dimaksudkan agar para calon anggota ambalan faham dan mengetahui kewajiban seorang pramuka penegak yang benar. Termasuk membangun kepribadian mereka.

Pos keempat yaitu pos pancasila, disini para calon anggota mendalami tentang pancasila, menghafalkan dan menjelaskan maknanya satu persatu. Di pos ini juga dijelaskan oleh para senior-senior tentang sejarah berdirinya pramuka di Almaz.sepak terjang perjuangan para senior-senior untuk membangun suatu gerakan pramuka yang sempat mati.
Pos selanjutnya adalah mental training, disini mental para calon anggota ambalan diuji, sekitar tengah malam diharuskan berjalan perkelomopok menyusuri jalan yang kanan kirinya penuh dengan hutang dan tanpa penerangan satupun kecuali senter yang mereka bawa sendiri, mental mereka diuji dan digembleng sekeras-kerasnya supaya menjadi pribadi yang berani akan setiap rintangan yang dilalui dalam hidup mereka nanti.


            Disini lah akhir dari perjalanan para calon anggota ambalan melewati semua rintangan dalam kegiatan ini, mencari tiket untuk menjadi anggota ambalan yang sah, disinilah yang paling menentukan perjuangan mereka.

0 komentar:

Post a Comment