Wednesday, April 15, 2015

Bantara 2014


Kegiatan Bantara di Almaz yang diselenggarakan pada tanggal 30 Januari 2014 yang diikuti oleh 19 peserta, yang startnya di ALmaz, disana HP dan uang yang dibawa oleh peserta diambil atau bahasa kasarnya dirampas oleh kakak-kakak senior di pangkalan ini dan kita dikasih uang perorang Rp. 2000 terserah dibuat apa, kita dikasih kesempatan untuk naik mobil dengan uang seadanya itu atau memilih berjalan saja, lalu kita di kasih tugas untuk menyelesaikan sandi yang isinya menuju masjid yang berada di Payaman. Belum setengah perjalanan kita bertemu mobil pick up dan kita diperbolehkan naik secara gratis oleh sopirnya sampai ke tempat tujuan.

Sampai di Masjid Payaman semua peserta (sangga) mempresentasikan mading 3D (3 Dimensi) yang telah dibuat secara berkelompok yang telah ditentukan sebelumnya dan setelah itu masing-masing sangga diberi tugas untuk melakukan kunjungan ke beberapa Pangkalan atau Sekolah yang ada disekitar dan harus membuat laporan dan kembali ke Masjid lagi untuk melakukan sholat maghrib berjama’ah lalu makan bersama dan kemudian melakukan sholat isya’ berjama’ah.

Pas waktu sudah menunjukan sekitar jam 10.00 WIB semua peserta kumpul dan membentuk lingkaran bersama kakak senior yang bernama Kak Firhat dan Kak Dzikrul kemudian kita main sebuah game yang berupa pertanyaan yang dimana ada peserta yang bisa menebak pertanyaan itu maka sangga itulah yang bisa melanjutkan perjalanan lebih dulu dan begitu seterusnya.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Tong bolong tepatnya diperbatasan Payaman dengan Sendang, disitu materinya adalah Nasionalisme Patriotisme dan uji pengorbanan dimana masing-masing peserta harus mengorbankan salah satu barang yang dimiliki dan rela untuk dikorbankan kepada orang yang membutuhkan tepatnya untuk korban banjir, dari semua peserta ada yang memberikan makanan ringan (snack), uang yang cuma punya 2000, bahkan ada yang merelakan jaket dan jam tangan yang dimiliki dan kemudian mengerjakan tugas sandi yang berisi petunjuk untuk melanjutkan perjalanan.

Setelah sudah selesai materi dan mengerjakan sandi dilanjutkan perjalanan menuju ke Balai Desa Sendang, disana materinya adalah Dasa Dharma Pramuka dimana disana masing-masing sangga ditanyai apa maksud dari Dasa Dharma Pramuka, maksud dari masing-masing Dharma, setelah lama materi kita kembali dikasih tugas sandi untuk dikerjakan dan kemudian melakukan tugas tersebut, yaitu melanjutkan perjalanan menuju ke Pesarean Sendang (Sunan Sendang).

Di Pesarean materinya adalah Tri Satya dan Pancasila, setelah lama disana lagi-lagi kita disuruh mengerjakan tugas sandi yang isinya petunjuk perjalanan selanjutnya yaitu menuju ke Shorum Batik Sendang disana materinya adalah Pacasila, semua peserta ditanyai satu satu tentang pancasila. Setelah usai kita semua melanjutkan perjalanan menuju ke Padepokan Jatirogo, sebelum sampai Padepokannya kita semua dikasih materi tentang SMS (Sandi, Morse, Semaphore) di halaman bawah. Setelah usai materinya baru semuanya disuruh naik menuju ke padepokannya. Kemudian satu persatu peserta dipanggil masuk ke sebuah gubuk disana dan disuruh membawa SKU yang telah diselesaikan dan kertas yang isinya Sejarah Pramuka yang sudah dikerjakan sebagai salah satu Syarat Kecakapan Umum (SKU), didalam gubuk adalah materinya uji kelayakan menjadi penegak bantara, masing-masing orang dikasih waktu 5 menit. Setelah waktu habis peserta keluar dengan dikasih plastik yang berisi air dan air tersebut tidak boleh bocor atau sampai hilang, karena paginya akan digunakan untuk perang air gna mendapatkan bet bantara.

Setelah satu persatu peserta sudah selesai semua selanjutnya kita dipanggil kebawah dan kemudian disuruh pergi ke salah satu masjid yang ada di Gayam, kita diberi sebuah kertas yang bertuliskan pribahasa bahasa jawa dan kita disuruh mencari artinya. Setelah sudah selesai mengerjakan tugas tersebut semua peserta istirahat di masjid Gayam sampai pagi lalu kembali menuju bukit tinggi yang ada di Jatirogo, disana kita melaksanankan perang air untuk mendapatkan TKU Bantara yang dipegang oleh kakak senior. Setelah lama kemudian ada yang berhasil mengambil TKU tersebut dan permainan berakhir, kita semua turun menuju padepokan disana tugasnya adalah mencari TKU dimana didalamnya ada kertas yang harus cocok dengan kertas yang sudah dicari artinya tadi, semua peserta kebingungan untuk mencarinya sudah dicari kemana-mana tapi tidak ada yang menemukan, akhirnya salah satu peserta ada yang berhasil menemukan TKU tersebut di tasnya kemudian peserta yang lain mencari di tas mereka masing-masing dan menemukannya tapi tulisannya tidak sesuai, lalu semua peserta saling bertukar TKU untuk mencari kecocokan tulisannya.

Setelah semua sudah cocok kita semua dibariskan dan sedikit diberi arahan dan kegiatan bantara ini telah selesai dan masing-masing kakak senior dan peserta saling bersalaman dan memberi selamat karena kegiatan telah selesai. Setelah itu uang dan HP dikembalikan pada masing-masing peserta kemudian semua pun sudah diperbolehkan untuk pulang kerumah masing-masing.

Pada tanggal 23 Februari 2014 dilaksanakan pelantikan Penegak Bantara di Almaz yang dilantik oleh senior sekaligus Pembina dipangkalan Almaz ini, yaitu Kak Sukron Ma’mun. Dimana kita disuruh minum air yang sudah dicampur dengan kecap dan beberapa macam bunga setelah dipasangkan TKU kepundak masing-masing peserta.

0 komentar:

Post a Comment